5 Fungsi Backlink yang wajib diketahui Blogger pemula

Apasih Backlink itu? Backlink adalah sebuah link yang di buat di dalam sebuah artikel blog baik link tersebut mengarah ke blog itu sendiri atau ke website yang lain. Backlink sendiri terbagi menjadi dua bagian yakni Internal link dan Eksternal link dimana masing-masing bagian tersebut memiliki fungsi yang berbeda.

Sebagai seorang Blogger apalagi yang masih pemula, perlu sekali untuk memahami dengan jelas agar tidak salah dalam mengartikan apa itu Backlink dan bagaimana cara kerjanya. Apabila salah dalam pengunaan Backlink tentu saja akan merusak performa blog.

Nah, sebaliknya jika Backlink di pahami dan di bangun dengan sangat baik tentu saja akan membantu konten kita berada di Page One. Beberapa penjelasan yang saya bahas ini semoga dapat membantu dan kita bisa memahaminya.

INTERNAL LINK

Fungsinya yakni untuk mengaitkan antara artikel satu dengan artikel yang lainnya. Pengunjung tidak akan di arahkan ke website yang lain, melainkan tetap berada di website itu sendiri namun dengan artikel yang berbeda. Seperti yang biasa kita lihat di artikel ada link yang mengarah ke artikel yang lain, saling berhubungan satu sama lain.

Bagaimana cara membuat Internal link? ada dua cara yang bisa di terapkan, yang pertama secara manual dan yang kedua secara otomatis. Saya sarankan sebaiknya menggunakan yang manual saja dari pada yang otomatis, karena nilai link yang di berikan akan jauh lebih baik ketimbang cara otomatis. Kita bisa membuat sebuah link yang sesuai dengan artikel tersebut.

EKSTERNAL LINK

Fungsinya yakni untuk memberikan informasi lanjutan kepada pengunjung untuk melihat situs website yang lain. Kita bisa memberikan dua jenis Backlink yaitu Dofollow dan No follow.

Backlink Dofollow yang berarti mengikuti dan secara otomatis blog tersebut akan mengikuti link yang telah dicantumkan. Sedangkan No follow berarti tidak mengikuti blog tersebut dan Google tidak men-Crawl atau tidak meng-Index sama sekali.

Nah, kesimpulan dari kedua penjelasan tersebut kita bisa memberikan jenis Backlink Dofollow kepada website yang memiliki nilai DA PA yang tinggi dan tidak melanggar aturan google. Sedangkan jenis Backlink No follow kita berikan ke website yang baru saja dibangun atau yang Nicenya tidak sesuai dengan website kita.

CARA MENDAPATKAN BACKLINK

Ada banyak cara mendapatkan Backlink baik itu secara gratis ataupun berbayar. Apabila gratis apakah itu aman atau sebaliknya? Menurut saya aman-aman saja mendapatkan Backlink gratisan asalkan website yang memberikan Backlink tersebut bisa di percaya dan banyak sekali website-website besar yang memberikan Backlink gratis seperti Kaskus.com, Detik.com dan lain-lain.

WAKTU YANG TEPAT MEMASANG BACKLINK

Bagi kalian yang blognya masih baru saran saya fokus saja pada konten dulu jangan terburu-buru untuk memasang Backlink, jangan spam Backlink ke komentar blog ataupun media sosial. Apabila kamu ingin memasang Backlink silahkan lakukan secara bertahap. Jangan membeli Backlink banyak sekaligus, karena itu akan terindex sebagai spam bahkan blog akan terdampar dan diabaikan oleh pihak Google.

5 FUNGSI BACKLINK YANG PERLU KAMU KETAHUI

1. Sebagai lalu lintas referral

Ketika link blog kita berada pada artikel blog milik orang lain, maka beberapa pengunjung akan meng-Klik link tersebut dan secara tidak langsung link tersebut menjadi sumber referral visitor yang bagus untuk blog kita dan bahkan views blog akan semakin meningkat.

2. Membangun otoritas web/situs

Mempunyai blog yang bisa di kenal dan diketahui oleh banyak pengunjung salah satunya yakni dengan cara mendapat rekomendasi dari website lain. Apalagi jika blog kita mendapat rekomendasi dari situs yang memiliki nilai DA PA yang tinggi tentunya sangat efektif untuk meningkatkan kualitas situs kita. Bangunlah otoritas blog kalian dengan menanamkan Backlink ke situs yang memiliki Nice sama dengan blog kita.

3. Pengakuan brand situs

Website/situs yang memberikan Backlink sebenarnya secara tidak langsung mereka memberikan pengakuan Brand situs kepada situs tersebut. Apalagi jika linknya yakni Backlink jenis Do follow yang dapat membantu meningkatkan artikel blog berada di Page One.

4. Membangun kepercayaan Google

Ketika kita mendapatkan Backlink dari situs yang bagus, maka Google akan memberikan kepercayaan kepada blog kita untuk bersaing di beranda Google. Dengan sangat mudah dan cepat kita dapat meningkatkan views blog. Semakin blog kita di percaya oleh Google tentunya akan semakin meningkat pula kualitas website kita dan bahkan menggeser blog yang lain.

5. Sumber visitor jangka Panjang

Visitor yang bagus untuk blog kita adalah visitor yang bersumber dari Seacrh Enggine Google Bing, yahoo, dan lain-lain. Terlebih jika mendapatkan Backlink dari situs besar maka efeknya mendapat pengunjung dalam jangka waktu yang lama. Selama blog yang memberikan Backlink masih aktif dan link tidak di nonaktifkan, maka sumber visitor akan selalu ada.

Itulah penjelasan dan fungsi dari Backlink yang perlu kamu ketahui, apalagi buat kamu yang masih blogger pemula. Jangan sampai salah dalam menempatkan link dalam blog, karena hal itu akan memperburuk blog Anda. Semoga bermanfaat

0 Response to "5 Fungsi Backlink yang wajib diketahui Blogger pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel