10 Fakta Unik Wirausahawan Inspiratif & Motivator "Jack Ma"

 Mualmubi
Kerja keras dan Perjuangan merupakan salah satu faktor penting yang bisa membuat seseorang menjadi sukses. Hal inilah yang di lakukan oleh Jack Ma, pendiri perusahaan terbesar yaitu Alibaba.com.

Saat ini Jack Ma memiliki kekayaan sekitar 37,4 Milyar USD atau sekitar 499 Triliun Rupiah. Namun jangan salah, sebelum Jack Ma sukses dan menjadi orang terkaya di China, pendiri Alibaba ini hidupnya penuh dengan tantangan yaitu kegagalan dan juga penolakan.

Untuk itu melihat asal usul kesuksesan dari seorang Jack Ma akan sangat bermanfaat jika kita mengetahui perjalanan hidupnya dari awal hingga sukses seperti sekarang. Jadi berikut di bawah ini fakta-fakta unik tentang Jack Ma sebagai seorang pengusaha yang dapat menjadi inspirasi bagi kita semua.

1. Lahir dari keluarga yang kurang mampu
Siapa sangka jika Jack Ma ternyata merupakan seorang anak dari keluarga dengan ekonomi rendah. Lahir pada tanggal 10 September 1964 di provinsi Hangzhou Jack Ma lahir dari keluarga miskin yang menjadi korban dari revolusi kultural di China.

Orang tuanya bekerja sebagai pemusik dan pendongeng tradisional, sementara ayahnya hanya mendapatkan tunjangan pensiunan bulanan sekitar 500rb rupiah untuk menghidupi keluarganya.

2. Ditolak Hardvard 10 kali
Setiap orang tentunya ingin menempuh pendidikan di Universitas terbaik, begitu juga dengan Jack Ma yang bermimpi kuliah di Hardvard. Namun sayang pada akhirnya impian itu tidak tercapai dan bahkan di tolak sampai 10 kali.

Meskipun berkali-kali di tolak hal itu tidak mematahkan semangatnya dalam menempuh pendidikan. Akhirnya Jack Ma pun kuliah di Hagnzhou Univercity mengambil jurusan bahasa inggris dan lulus pada tahun 1988.

3. Sering ditolak kerja
Di dalam karir pekerjaan Jack Ma juga banyak mengalami rasa pahit. Ia pernah mendaftar lebih dari 30 pekerjaan tapi berita buruknya seluruh perusahaan menolaknya, bahkan ia juga pernah di tolak di restoran cepat saji KFC.

Dari 25 orang yang mendaftar kerja 24 orang di terima dan hanya Jack Ma yang di tolak. Tapi setelah berulangkali di tolak, Jack Ma akhirnya mendapat pekerjaan sebagai pengajar di sebuah Universitas dengan gaji sebesar 100 sampai 120 Renminbi atau sekitar 142rb Rupiah perbulannya. Jack Ma benar-benar sosok pribadi yang tidak pantang menyerah.

4. Idenya di tolak banyak orang
Sebelum ia membangun Alibaba, Jack Ma mengumpulkan teman-temannya untuk meminta pendapat mereka tentang ide yang ia miliki. Namun diluar dugaan hampir semua teman-temannya mengatakan bahwa ia harus menghentikan idenya itu, mengingat pada tahun 1995 internet memang baru saja berkembang di China.

Akan tetapi, ada salah satu temannya yang mendukung ide Jack Ma dan ia mengatakan "jika kamu memang benar-benar ingin melakukannya, maka lebih baik lakukan saja". Hal itulah yang mendorong Jack Ma untuk terus maju mewujudkan mimpinya tersebut.

5. Membuat website pertama
Di tahun 1992 saat prekonomian negara China mulai bertumbuh dan berkembang, Jack Ma mencoba melamar di berbagai semua pekerjan. Saat itulah ia mulai belajar mengenal internet, padahal sebelumnya ia tidak mengerti tentang komputer ataupun surat elektronik, bahkan menyentuh keyboard komputer pun tidak pernah sekalipun.

Hanya berbekal nekat dan rasa penasaran, akhirnya Jack Ma pun menciptakan laman website untuk jasa terjemahan bahasa China bersama seorang teman. Hanya dalam waktu beberapa jam saja, Jack Ma langsung menerima banyak email yang membantunya untuk membangun situs tersebut.

Nah, kejadian itulah yang menjadi awal mula berdirinya Alibaba group 4 tahun kemudian, sampai menjadi Riseller online terbesar di China dan berada di posisi kedua dunia setelah Walmart.

6. Mengidolakan Forrest Gump
Ketika biasanya orang-orang memilih untuk mengagumi Bill Gates, Steve Jobs atau tokoh agama favorit mereka. Jack Ma malah tiak punya tokoh besar yang jadi panutannya. Justru malah tokoh favorit Jack Ma sangatlah unik, pasalnya ia malah ngefans dengan tokoh yang ada di dalam film Forrest Gump.

Bagi Anda yang pernah menonton film drama America serikat pada tahun 1994 ini mungkin sudah tahu. Jack Ma suka menonton Forrest Gump berkali-kali dan tidak pernah bosan. Menurut Jack Ma apapun yang terjadi Anda adalah diri Anda seperti yang tertuang di dalam film tersebut.

Film yang menceritakan seorang pria yang tidak terlalu pintar inilah yang kemudian menginspirasi Jack Ma hingga menjadi sukses. Jack Ma pernah hanya menghasilkan 300 rb dalam sebulan, kini dia bisa memiliki uang ratusan triliun sebab ia percaya bahwa tak ada yang tak mungin asal kita tidak pernah putus asa.

7. Alibaba berkembang pesat dan mencapai kesuksesan
Perusahaan Alibaba telah berhasil berkembang dengan pesat dan mencapai kesuksesan besar. Pelan-pelan perjuangan seorang Jack Ma akhirnya mulai membuahkan hasil. Pada bulan Oktober tahun 1999 Alibaba sukses dan disoroti banyak perhatian oleh beberapa investor.

Alibaba pun akhirnya mendapatkan banyak investasi dari banyak perusahaan. Dari tahun ke tahun perusahaanya terus berkembang pesat sebagai bisnis E-commers terbesar di China dan terus melebarkan sayap hingga saat ini memiliki 11 anak perusahaan.

8. Mengorbankan putranya demi membangun Alibaba
Saat Alibaba mulai meroket dan berkembang pesat, Jack Ma dan istrinya tidak punya waktu untuk mengurusi anaknya. Karena sangking sibuknya, sampai-sampai mereka menitipkan anaknya di tempat penitipan anak selama 5 hari dalam seminggu. itu berarti Jack Ma dan istrinya hanya bertemu putra mereka di hari sabtu dan minggu.

Gara-gara kurang memperhatikan sang anak, akhirnya anak Jack Ma yang masih kecil kecanduan main game online. Tidak hanya itu saja, anak Jack Ma pun sering pergi ke cafe internet karena jarang mendapatkan perhatian.

Melihat hal itu Jack Ma pun meminta istrinya mengundurkan diri dari perannya sebagai General Manager di Alibaba China, supaya fokus menjadi ibu rumah tangga. Cara tersebut ternyata sangat efektif sehingga urusan keluarga Jack Ma menjadi seimbang dan Alibaba pun berkembang lebih pesat lagi.

9. Pemegang rekor IPO terbanyak di dunia
Alibaba dibangun dari keja keras, keuletan, dan kecerdasan seorang Jack Ma. Sebelum sukses ia tak ragu untuk bangun jam 5 pagi kemudian pergi ke hotel untuk belajar bahasa ingris kepada teman-temanya yang merupakan turis asing.

Jack Ma pergi ke hotel Hangzhou kemudian selalu memperhatikan apa yang dilakukan oleh orang asing. Dia mempelajari sistem orang barat dari cara berbisnis mereka, metode-metode bisnis mereka, hingga teknik menjualkan barang.

Karena hasil dari kerja kerasnya itu, Jack Ma bisa mendirikan Alibaba dan meraih rekor IPO atau Initial Public Offering di New York dan mencetak rekor sebagai penawaran saham public terbesar di dunia sebesar 25 milyar Dollar atau 370 Triliun Rupiah.

10. Banyak menyumbang kekayaan
Pada tahun 2013, Jack Ma mulai menarik diri dari perusahaan dan turun dari posisi direktur utama menjadi pimpinan para dewan direktur. Ia mengatakan dirinya ingin lebih melakukan kegiatan sosial lewat Jack Ma Fondation.

3 tahun kemudian yayasan pendidikan miliknya itu berjanji menyumbangkan 3jt USD atau sekitar 44 Milyar Rupiah lewat program 10 tahun guna mendukung pengajaran di daerah pedesaan China. Dari hal tersebut, Jack Ma seperti berencana melakukan peran yang ia inginkan kembali yaitu berkecimpung di dunia pendidikan.

Nah itulah tadi 10 fakta unik tentang sosok wirausahawan inspiratif Jack Ma. Semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi kita semua bahwa gagal belum tentu tidak bisa bangkit dan sukses. Justru berawal dari kegagalan-lah kisah awal dari sebuah kesuksesan.
Pertanyaan
Sebutkan hal apa yang menjadi penghalang Anda dalam memulai karir bisnis? Silahkan masukkan komentar sobat-sobat dibawah ya!

0 Response to "10 Fakta Unik Wirausahawan Inspiratif & Motivator "Jack Ma""

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel